Lupa Bawa Spekmata? Cuba Cara Ini!

typing dalam bahasa Indonesia...name pon cut n paste dari emel opis...heheeee....kalo aku nak tukar jadi bahasa malaysia macam pelik la pulak...korang bace je la ye...asalkan paham...kalo tak paham, ermmmm...tanye la bibik umah korang tu...hikhik...!


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~


Beberapa dari kalian mungkin memakai kacamata, termasuk saya. Dan terkadang juga tanpa kita sadari saat berpergian, kita lupa membawa kacamata. Alhasil, jika dalam suatu saat yang bisa terbilang penting kita kurang bisa melihat secara jelas.
Nah.. Berikut ini ada sebuat tips dari seorang Dokter Spesialis Mata, Dr. Rudy Soedjono Dorestia, SpM, yang ia sebut sebagai PENGLIHATAN DARURAT. Selain berprofesi sebagai doktor, ia juga seorang seniman.

Penglihatan Darurat pada saat tidak ada kaca mata, dapat digunakan dalam situasi :

1. Pada saat kaca mata mendadak pecah sehingga tidak dapat digunakan
2. Pada saat tiba tiba kaca mata hilang
3. Atau lupa membawa,.
 
Dalam keadaan darurat ini ada satu cara untuk mengatasi, yaitu dengan menggunakan “Efek Pin Hole“. Prinsip Efek Pin Hole pada dasarnya dapat membantu kelainan refraksi mata (kelainan penurunan penglihatan mata yang dapat diperbaiki dengan kacamata), penglihatan akan bertambah baik bila melalui suatu celah/lubang kecil.












pic from Google

Pada saat keadaan darurat, kita dapat membuat alat bantu yang terbuat dari sebuah karton kecil, berukuran 3×5 cm, kemudian pada karton tipis atau kertas tersebut. Dibuat satu lubang kecil menggunakan ujung ballpoint. Sehingga kita dapat mengintip melalui celah lubang tersebut. Dan apa yang terjadi?? Huruf/angka yang kecil akan tampak jelas terlihat.
Satu lagi nih, ada cara yang lebih praktis agar kita tidak usah membuat alat bantu yang harus kita buat dahulu. Yaitu dengan cara menggunakan tangan kanan kita. Buatlah sebuah celah kecil antara ibu jari dan telunjuk. Lihatlah dari celah tersebut, maka akan terlihat obyek yang lebih jelas dan dapat terbaca.

Hal ini berlaku untuk penglihatan jauh atau dekat. Jadi walaupun kita dalam keadaan darurat tidak menggunakan kaca mata masih dapat tertolong dengan cara ini. Semoga membantu.




paham? kalo tak paham gak, abaikan je la...
xyah nak pepening kepala..



ok tu je...bai!

 

No comments:

PROTECTED

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails